Sakit Pinggang Sebelah Kiri Pada Wanita Pertanda Apa? Bahayakah ??

Sakit pinggang sebelah kiri pada wanita pertanda apa? Bahayakah??  Sakit pinggang bisa di bilang keluhan umum, karena hal ini banyak di alami banyak orang, terutama para wanita. Sakit pinggang sebelah kiri ini bisa berasal karena adanya otot atau persendian punggung bagian tengah ataupun bagian bawah panggul mengalami cedera.  Tapi bagaimana dengan rasa sakit yang di rasakan pada pinggang sebelah kiri? Sudah banyak orang mengalami sakit pinggang hanya di bagian tertentu, seperti hanya pada bagian sebelah kiri. Apakah benar jika sakit pinggang sebelah kiri ini menandai adanya gangguan di sistem reproduksi wanita? Sakit pinggang sebelah kiri bisa di sebabkan karena beberapa masalah kesehatan, dan salah satunya yaitu pada sistem reproduksi wanita.

Adakah cara untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kiri? Tidak sedikit orang yang bertanya sakit pinggang sebelah kiri ini pertanda apa, karena takut akan hal yang tidak di inginkan terjadi Rasa sakit pinggang di sebelah kiri dapat datang secara terus-menerus atau rasa sakitnya datang lalu hilang kembali. Sakit pinggang bisa terjadi karena kita yang duduk terlalu lama, terutama apabila kita duduk dalam posisi yang salah dan tempat yang kita dudukin tida terasa nyaman. Namun jika sakit pinggang yang terjadi pada anak-anak itu bisa di sebabkan karena terlalu sering menggendong tas punggung yang berat.

Sakit Piggang

Sakit Pinggang Sebelah Kiri Pada Wanita Pertanda Apa

Sakit pinggang. Apakah dari kalian sering mengalami sakit pinggang? Sudah pasti kalian pernah merasakan yang namanya sakit pinggang. Karena sakit pinggang merupakan keluhan yang sangat umum bagi semua orang. Sakit pinggang sering di alami seseorang dari kalangan tua maupun muda terutama bagi para wanita. Hal ini sering terjadi karena adanya cedera otot atau persedian pada area pinggang yang di akibatkan oleh posisi tubuh yang salah atau karena mengangkat benda yang berat yang di lakukan secara berulang. Namun kalian tidak perlu risau, karena  kalian dapat melakukan beberapa hal untuk meredakan rasa sakit pinggang sebelah kiri yaitu dengan :

  1. Mengompres bagian yang sakit dengan menggunakan air dingin. Karena air dingin dapat mengurangi pembengkakan, dan kalian juga bisa mengompres bagian yang sakit dengan air panas agar aliran darah meningkat dan dapat mengurangi keteganngan pada otot.
  2. Menghindari segala posisi yang dapat membuat rasa sakit semakin parah.
  3. Jangan melakukan aktivitas yang berat layaknya olahraga atau mengangkat barang-barang berat.
  4. Beristirahatlah dengan total selama 2 – 3 hari.

Sebab Terjadinya Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Sakit Pinggang Sebelah Kiri Pada Wanita Pertanda Apa

Sebab terjadinya sakit pinggang sebelah kiri ini rasa sakit yang muncul biasanya menyebar sampai ke bagian tubuh yang lain, seperti pada bagian pangkal paha, paha bagian belakang, dan bagian bokong. Rasa sakit pinggang sebelah kiri ini dapat terjadi karena berbagai hal. Tetapi penyebab terjadinya sakit pinggang sebelah kiri yang paling umum adalah karena adanya pergerakan yang secara tiba-tiba ataupun posisi tubuh yang tidak benar saat mengangkat benda yang berat dan berakibat cedera pada pinggang sebelah kiri. Sebab dari sakit pinggang sebelah kiri juga bisa di akibatkan karena adanya gangguan kesehatan tertentu contohnya :

  1. Otot tegang yang di mana saat melakukan aktivitas yang berat ini melibatkan gerakan punggung, sehingga mengakibatkan otot bagian punggung tertarik dan menjadi tegang atau bahkan robek.
  2. Skiatika ini di akibatkan karena tertekannya salah satu saraf penghubung saraf tulang dengan saraf tungkai. Sehingga menyebabkan pergeseran bantalan pada saraf tulang belakang dan mengakibatkan saraf terjepit.
  3. Stenosis spinal atau penyempitan tukang belakang yang mengakibatkan tertekannya saraf pada bagian tulang belakang. Tekanan yang terjadi pada saraf tulang belakang ini dapat menimbulkan kram, kebas, dan melemahnya bagian tubuh yang sarafnya tertekan.
  4. Gangguan pada ginjal. karena ginjal yang memiliki letak dekat dengan pinggang. Beberapa gangguan yang dapat terjadi pada organ ginjal, layaknya infeksi ginjal atau batu ginjal, dapat mengakibatkan rasa sakit pada pinggang.
  5. Cedera fisik patahnya tulang panggul atau adanya kerusakan pada otot dan tulang pada sekitar pinggang kiri ini juga dapat menimbulkan rasa sakit pinggang sebelah kiri. Namun pada wanita dalam beberapa kondisi lain bisa mempengaruhi timbulnya rasa nyeri pada bagian pinggan sebelah kiri yaitu pertumbuhan jaringan fibroid pada rahim, kista ovarium, endometriosis, atau bahkan kehamilan.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Pada Wanita

Sakit Pinggang Sebelah Kiri Pada Wanita Pertanda Apa

Sakit pinggang sebelah kiri pada wanita tidak selalu berkaitan dengan penyakit yang mungkin menakutkan bagi kalian. Tetapi biasanya sakit pinggang sebelah kiri pada wanita merupakan pertanda :

1.Haid

Salah satu dari banyaknya masalah yang mengganggu wanita adalah pada saat wanita kedatangan tamu bulanan. Saat haid biasanya sakit pinggang berpusat pada bagian punggung bawah atau pinggang belakang, tepatnya di atas bokong. Apabila rasa sakit pinggang ini sampai menghambat aktivitas, berikut merupakan beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk mengurangi rasa sakit pada pinggang :

  1. Melakukan peregangan.
  2. Memakan coklat batangan.
  3. Mengompres atau mandi menggunakan air hangat.
  4. Meminum obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau naproxen.
  5. Melakukan olahraga dengan rutin.

2.Hamil

Sakit pinggang sebelah kiri ini juga dapat menjadi tanda-tanda awal kehamilan. Rasa sakit pada pinggang bagian belakang ini bagi sebagian besar wanita merupakan salah satu tanda kehamilan. Karena gejala yang sering di rasakan yaitu sakitnya bagian pinggang belakang, dan wanita hamil mengalaminya pada trimster kedua dan ketiga. Tidak sedikit yang menduga penyebab dari rasa sakit pinggang belakang di karenakan perut ibu hamil yang semakin besar, tapi nyatanya ada faktor yang mengakibatkan rasa nyeri terjadi pada pinggang bagian belakang di masa kehamilan.

Baca Juga : Penyebab Utama Kenapa Fruit Tea Viral Satu Indonesia


Posted

in

by

Comments

Satu tanggapan untuk “Sakit Pinggang Sebelah Kiri Pada Wanita Pertanda Apa? Bahayakah ??”

  1. […] Baca Juga : Sakit Pinggang Sebelah Kiri Pada Wanita Pertanda Apa? Bahayakah ?? […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *